Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Sunday 1 May 2016

Hal Yang Bakal Lo Temuin Saat Jadi Tukang Survey

Diagram

   Pernah ikut survey atau sensus. Apalagi jadi petugas sensus, tukang survey alias penyurvey entah itu untuk kebutuhan suatu instansi ataupun kebutuhan diri sendiri seperti dalam pengerjaan skripsi juga hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-tersebut. Yang jelas kita menemukan beberapa hal yang berkesan baik itu manis, asem, asin, pahit, hambar ataupun enggak berasa sama sekali. Ok lah tanpa berbasa-basi entar basi beneran, di artikel kali ini akan berbicara tentang hal apa saja sih yang bakal ditemukan dan akan dialami ketika melaksanakan kegiatan survey/sensus dan semacamnya. Langsung kita survey gan.

Lembar kuesioner

   Kalo mau nyurvey atau melakukan sensus ya harus ada lembar kuesionernya dong. Kan enggak mungkin mau nyurvey tapi hal-hal apa saja yang perlu disurvey tidak tahu alias enggak ada patokan. Pas nyurvey mau nanya apa coba kalo enggak tau apa yang harus ditanyakan. Nanya nomer handphone, akun Facebook, Twitter, Instagram dll. Ya enggak nyambung kan? Kecuali kalo di lembar kuesioner emang ada ditanyakan ya sah sah saja.

Yang disurvey/disensus

   Mau melakukan survey tapi tidak ada yang disurvey kan aneh. Data apa yang bakal di dapat kalo enggak ada yang disurvey. Ini sangat perlu dan harus ada entah itu adalah orang yang disebut responden, makhluk hidup lainnya atau suatu wilayah tertentu.

Yang menyurvey/menyensus

   Yang disurvey/disensus udah ada dan bersedia tapi ada hal lain yang penting dan harus ada yaitu yang melakukan survey alias si petugas. Kalo enggak ada ya kegiatan survey/sensus enggak bakal berjalan sebagaimana mestinya.

Wilayah kerja

  Yupz, biasanya kalo kita melakukan survey ataupun sensus pastinya kita akan melakukannya di suatu wilayah baik itu perkotaan, perkampungan, ataupun suatu daerah tertentu lainnya jadi bagi petugas ya siap-siap aja mau dilepas di daerah mana.

Wilayah yang sulit

   Yupz, terkadang sebagai petugas kita mendapatkan wilayah kerja yang sulit bisa karena akses transportasi yang terbatas ataupun keadaan masyarakat yang kurang bisa diajak bekerja sama.

Responden yang bersahabat

  Responden yang bersahabat adalah hal yang paling diharapkan oleh petugas survey/sensus. Datapun mudah didapat dan kegiatan survey/sensus menjadi lancar berkat keramahan responden.

Responden yang kurang bersahabat

   Salah satu kendala yang pasti ditemui oleh petugas survey/sensus adalah responden yang kurang bersahabat. Waktu kita sensus tampangnya mesem kayak asem dilumurin cuka. Hasilnya kegiatan pengumpulan data menjadi alot dan ribet.

Responden yang enggak ada di tempat

  Kita ke tempat responden dengan maksud hati dan tujuan ingin melaksanakan pengumpulan data tapi apa daya respondennya enggak ada di tempat yang diharapkan seperti respondennya lagi liburan ke planet Namek. Proses pengumpulan datapun menjadi lama dan berlarut-larut.

Responden yang mau ngakalin

  Yang ini mesti diperhatikan jangan sampai ada responden yang mau ngakalin atau mau melakukan trik tertentu untuk membuat data menjadi berubah dan tidak sebagaimana mestinya. Dan data berakhir menjadi tidak akurat bin ngenes.

  Moga bermanfaat.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter