Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Friday 22 January 2016

Supaya Belajar Makin Menyenangkan

mempelajari sesuatu

Bagi kalian yang sedang dalam masa-masa belajar atau mahasiswa yang berada pada fase kuliah. Belajar merupakan aktivitas yang sangat erat. Belajar rumus matematika dan fisika, belajar bahasa atau belajar hal lainnya. Tapi kadang kala kita merasa jenuh, bosen dan kurang semangat saat belajar. Otak memproses pelajaran berjalan kurang cepat alias lambat dan kurang encer. Berikut ini ada tips-tips yang bisa kalian terapkan untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan setidaknya menambah semangat kalian untuk belajar.
  1. Belajar bareng teman
    Belajar kelompok dengan teman bisa menjadi sangat menyenangkan karena diselingi dengan candaan dan ngobrol bermacam-macam hal. Makin banyak orangnya makin rame. Kita bisa bertukar pendapat, berdebat atau bertanya dengan teman yang lebih tahu bila ada beberapa masalah pelajaran yang kita kurang tahu. Yupz, dengan belajar bareng teman bisa membuat suasana lebih meriah. Tapi mesti diingat jangan kebanyakan bercanda ya.
  2. Belajar sambil mendengarkan musik
    Yupz, sedikit hiburan di saat belajar bisa membuat otak kita lebih segar dalam mencerna berbagai materi yang dipelajari. Mendengarkan musik sambil belajar, why not. Dengan mendengarkan musik bisa mengurangi beban berlebih di otak kita yang sedang memproses berbagai materi yang berkunjung. Mau belajar sambil mendengarkan lagu balada, dangdut, rock atau jazz juga terserah. Yang penting bisa bikin saat belajar jadi lebih asyik.
  3. Belajar di tempat yang tenang
    Enggak suka tempat yang banyak orangnya bila sedang belajar atau tidak suka ada gangguan. Belajar saja di tempat yang tenang seperti kamar, pinggiran sawah atau kalo perlu di gudang kosong dan toilet hehe. Ini bagi kalian yang mudah terganggu konsentrasinya bila sedang belajar dan perlu pemusatan lebih dalam hal berkonsentrasi. Untuk itulah sangat disarankan untuk mencari tempat yang tenang supaya belajar lebih efektif dan tidak ada gangguan.
  4. Belajar di perpustakaan
    Pengen belajar sambil nyari buku yang pas untuk menyuplai yang kamu pelajari. Belajar aja di perpustakaan. Selain tempatnya udah pasti tenang dan minim gangguan, berbagai macam referensi bisa kamu comot dan kamu pelajari buat menambah daya gedor otak kamu. Atau kalo kamu sedang kesulitan mencari referensi karena banyaknya buku yang ada di perpustakaan maka kamu bisa tanyakan pada petugas perpustakaan.
  5. Belajar lewat internet
    Zaman udah serba modern. Kalo kamu kesusahan mencari materi yang kamu perlukan untuk belajar misalnya materi tersebut tidak kamu temukan di berbagai perpustakaan yang kamu kunjungi. Coba cari aja di internet. banyak situs yang menyediakan berbagai referensi yang sedang kamu perlukan seperti Wikipedia. Atau cari saja di situs atau blog yang bertebaran bagai kamur di dunia maya alias internet. Bila kamu pengen, kamu bisa ikut kursus secara online yang bisa kamu temukan di internet.
Moga bermanfaat.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter