Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Monday 30 November 2015

Yang perlu Diperhatikan Dalam Membuat Meme


Kalian pernah melihat gambar di internet yang dibuat dari sekumpulan gambar lain yang berisi tulisan baik kritikan atau lawakan. Itulah meme (dibaca: mim) atau lebih tepatnya internet meme. Menurut Wikipedia Internet meme adalah sesuatu yang menjadi terkenal melalui internet, seperti gambar, video, atau bahkan orang. Internet meme biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas. Kata meme dicetuskan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976 melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene.

Internet meme bisa berupa video, gambar, laman web, hashtag atau hanya sekedar kata atau ungkapan (masih menurut wikipedia).

Internet meme biasanya menyebar melalui jejaring sosial (facebook, twitter dan lain-lain), blog, sumber berita (situs-situs berita), e-mail ataupun layanan berbasis web lainnya.


Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan untuk membuat internet meme:

Tujuan pembuatan
Kita membuat meme tersebut untuk apa? Apakah untuk humor (lawakan, lelucon, hiburan, kritikan atau iklan).

Topik
Topik sangat penting dalam membuat meme. Kita bisa memilih topik (contohnya) suatu kejadian penting atau tindakan seseorang yang luar biasa atau sesuatu yang kurang wajar. Untuk topik-topik seperti SARA atau hal yang bersifat sensitif lainnya harus dipikirkan matang-matang agar tidak menyinggung suatu pihak atau komunitas. 


Demikian tulisan singkat dari saya. Mohon maaf apabila ada tulisan atau isi yang salah. Saya hanya orang biasa yang mencoba menjadi luar biasa itupun kalau saya bisa melakukannya.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter