Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Tuesday 1 December 2015

Hal-Hal yang Menghalangi Datangnya Inspirasi atau Ide


Ada satu saat dimana kita tidak bisa mendaptakan ide untuk membuat sesuatu, baik karya ataupun alternatif untuk memecahkan masalah. Ya, jalan keluar dari apa yang kita hadapi tidak muncul-muncul atau bisa dikatakan pikiran kita buntu. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya menghalangi datangnya inspirasi kita.

Setelah sekian lama browsing baik di dunia maya maupun didunia nyata dan menurut pengalaman saya pribadi maupun pengalaman orang lain, hal-hal yang biasanya menghamabat datangnya inspirasi ataupun ide adalah:

  1. Stress
    Stress merupakan dimana pikiran kita biasanya tertekan. Entah karena beban pekerjaan, hutang ataupun tuntutan kehidupan. Biasanya pikiran yang dilanda stress sering kacau makanya inspirasi sering susah muncul.

  2. Kekurangan referensi atau acuan
    Kurangnya referensi atau acuan untuk melakukan sesuatu juga bisa berdampak susahnya inspirasi datang. Untuk itulah bila ingin melakukan atau membuat sesuatu, referensi sangat diperlukan.

  3. Malas berpikir
    Rasa malas juga bisa menghalangi munculnya inspirasi. Rasa ingin mendapatkan sesuatu dengan mudah atau praktis mendorong orang untuk malas berpikir ataupun malas bertindak.

  4. Terpaku pada hal yang sudah ada
    Untuk menciptakan atau melakukan sesuatu, kita dituntut harus kreatif dan memiliki inisiatif sendiri. Kalau kita terpaku pada apa yang sudah ada maka otak kita akan terpaku pada hal tersebut dan terdikte untuk melakukan yang sama.


    Demikianlah hal-hal yang menghambat datangnya inspirasi yang saya ketahui. Kita harus selalu kreatif dan mau berpikir logis maka inspirasi akan selalu datang. Mohon maaf jika ada kesalahan baik dalam tulisan maupun isi.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter