Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Saturday 5 December 2015

Cara-Cara Untuk Mengurangi Stress

Stress adalah suatu kondisi dimana seseorang berada dihadapan suatu beban atau tekanan. Stress juga bisa diartikan sebagai keadaan psikis seseorang yang tertekan karena suatu beban kerja atau target yang harus dipenuhi. Karena tuntutan itulah pikiran menegang dan akhirnya mempengaruhi kinerja orang tersebut.



Berikut ini adalaha beberapa cara untuk mengurangi stress:

  1. Melakukan hal yang kita sukai
Dengan melakukan hobi atau hal yang kita sukai maka ketegangan dalam pikiran kita akan berkurang. Itu karena perhatian kita teralihkan sementara kepada hal yang kita sukai. Kita bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, bermain game, internetan atau menonton film favorit kita.
  1. Istirahat
Istirahat juga merupakan suatu pilihan yang bagus untuk mengurangi stress. Berhentilah sejenak dari aktivitas yang menekan pikiran anda dan cobalah untuk menarik nafas, istirahat dan santai sejenak maka ketegangan-ketegangan yang ada di pikran anda akan berkurang.
  1. Berkumpul bersama orang terdekat
Berkumpul dengan orang terdekat (keluarga atau sahabat) juga bisa mengurangi stress karena bersama dengan orang terdekat, kita bisa mencurahkan apa yang kita rasakan dan mereka senantiasa mau mendengarkan atau mencari solusi atas masalah yang kita hadapi. Bisa juga kita pergi tamasya atau liburan bersama mereka untuk menyegarkan pikiran kita.
  1. Bersyukur
Bersyukur juga bisa mengurangi stress. Dengan bersyukur kita bisa sadar apa yang kita punyai ini hanyalah titipan dari yang Maha Kuasa. Dan kita senantiasa harus menyadari merenungkan bahwa ada orang lain yang memiliki keadaan tidak sebaik kita. Kita jangan hanya melihat ke atas (kejayaan atau keberhasilan) tetapi juga melihat ke bawah (sadar bahwa posisi kita sudah cukup tinggi). Untuk itulah kita harus selalu bersyukur.
  1. Beribadah
Beribadah mampu mengurangi tekanan stress yang menghimpit pikiran kita. Dengan beribadah, kita senantiasa mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa dan menyadari bahwa setiap cobaan pasti berlalu.

Demikianlah beberapa cara untuk mengurangi stress yang saya dapat mulai dari pengalaman saya sendiri maupun orang lain. Kita harus meyakini bahwa setiap masalah pasti memiliki jalan keluar tinggal kita saja yang mau berusaha untuk mencari jalan keluar tersebut. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan maupun isi.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter