Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Thursday 3 March 2016

Tehnik Mencontek Siswa Saat Ulangan

Examination

   Entah kenapa kalo ulangan pasti ada aja yang melakukan perbuatan legendaris ini yaitu mencontek. Mungkin kemarin tidak belajar karena kebanyakan main atau lupa ada ulangan. Banyak tehnik yang dilakukan para pelaku kegiatan mencontek dan bermacam-macam modus agar kegiatan tersebut senantiasa terselubung dan tidak terendus oleh pengawas. Berikut ini ada beberapa tehnik mencontek yang lumrah dipakai oleh para siswa. Monggo disetrap gan.

Tehnik Mata Elang

     Tehnik yang paling sering dipakai ketika mencari contekan ketika ulangan berlangsung. Berusaha menajamkan pandangan dan mencondongkan badan ke arah teman yang diduga punya jawaban ulangan yang akurat.

Tehnik Bahasa Kode

     Ini bisa dilakukan bila ada teman yang bisa diajak bekerja sama saat ulangan berlangsung alias sudah ada MOU sebelum ulangan dimulai. Kodenya bisa macam-macam seperti kedipan mata, menjentikan jari, pura-pura batuk dan masih banyak lagi tergantung para pelakunya mau bagaimana.

Tehnik Kamuflase Terselubung

     Tehnik ini dilakukan dengan membuat contekan terlebih dahulu dan menyamarkannya dengan bentuk atau tipografi tulisan tertentu seperti contekan yang ditulis dengan huruf hieroglif, sandi morse atau dituliskan kecil-kecil di meja supaya pengawas tidak menyadari bahwa ada contekan di situ.

Tehnik Gulungan Ninja

     Agak mirip dengan tehnik kamuflase terselubung namun bedanya contekan tersebut disembunyikan di suatu tempat seperti dalam kantong baju atau kaos kaki. Juga penulisannya lebih sering menggunakan huruf yang mudah dibaca ketimbang huruf yang membuat sakit mata.

Tehnik Referensi Rahasia

     Tehnik dengan menyembunyikan referensi yaitu buku pelajaran terkait di suatu tempat entah itu di laci atau di suatu tempat yang memungkinkan untuk dibuka kembali saat ulangan berlangsung. Resiko ketahuan pengawas dalam penggunaan tehnik ini cukup besar.

Tehnik Bisikan Misterius

     Tehnik ini juga hanya bisa dilakukan setelah ada MOU dari beberapa pihak yang ingin melakukan kegiatan contek-mencontek. Bisik-bisik dengan teman yang di samping minta jawaban. Bila teman yang diminta jawaban setuju untuk memberikan bantuan maka tehnik ini sukses dan apabila tidak terpaksa mencari teman yang mau diajak bekerja sama di wilayah lain.

Moga terhibur

Share this article:

Facebook Google+ Twitter