Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Saturday 12 March 2016

Apa Itu Metode Deduksi

deductive

   Seperti judul di atas, kali ini gue akan men-share tentang apa itu metode deduksi. Bagi kalian penyuka anime, komik atau cerita detektif juga bila kalian orang yang suka dengan matematika pasti sudah tau apa yang dimaksud dengan metode deduksi. Dan tulisan kali ini dikhususkan untuk yang belum tau dengan apa itu metode deduksi hehe. OK, tanpa berpanjang lebar mari kita mulai.

   Metode deduksi adalah suatu penalaran dari satu atau lebih pernyataan (juga disebut sebagai premis) untuk menyimpulkan suatu hal logis tertentu. Yang dimaksud dengan pernyataan atau premis ini adalah fakta yang sudah ada atau telah terbukti kebenarannya. Bisa kita simpulkan metode deduksi ini adalah proses penalaran untuk menemukan fakta khusus melalui penalaran dari beberapa fakta yang sudah ada. Metode deduksi sering dipakai di matematika untuk membuat turunan rumus agar menjadi lebih singkat dan mudah.

Sebagai contoh:

pernyataan/premis/fakta 1 : Semua makhluk hidup bernafas
pernyataan/premis/fakta 2 : Kucing adalah makhluk hidup
kesimpulan/fakta khusus : Kucing bernafas

   Dari contoh tersebut bisa kita jabarkan sebagai berikut yaitu semua makhluk hidup bernafas dan kucing adalah makhluk hidup maka dikarenakan kucing adalah makhluk hidup bisa disimpulkan kucing bernafas.

Contoh lain:

pernyataan/premis/fakta 1 : Ikan bernafas dengan insang
pernyataan/premis/fakta 2 :  Lumba-lumba bukan ikan
kesimpulan/fakta khusus : Lumba-lumba tidak bernafas dengan insang

   Penjabarannya sebagai berikut yaitu ikan bernafas dengan insang tapi lumba-lumba tidak bernafas dengan insang maka bisa disimpulkan bahwa lumba-lumba bukanlah ikan. Udah paham belum hehe.

   Agar lebih ngeresap lagi pemahamannya mari kita pakai contoh yang berupa cerita :

   Andi seorang yang ahli komputer diminta oleh pamannya untuk menginstall ulang laptop milik putranya. Setelah melihat keadaan laptop dari anak pamannya tersebut Andi menyimpulkan bahwa anak pamannya tersebut adalah seorang gamer. Ini dikarenakan tulisan di tombol arah dan beberapa tombol tertentu di keyboard laptop milik anak pamannya tersebut telah memudar.

Penjabaran dari contoh tersebut adalah :

pernyataan/premis/fakta 1 : 
Orang yang sering menekan tombol arah dan tombol tertentu sampai memudar adalah gamer

pernyataan/premis/fakta 2 : 
Anak pamannya Andi sering menekan tombol arah dan tombol tertentu sampai memudar

kesimpulan/fakta khusus : 
Anak pamannya Andi adalah seorang gamer

   Nah udah ngerti kan hehe. Moga bermanfaat.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter