Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Thursday 3 December 2015

Faktor-Faktor yang Sering Membuat Kita Lupa Waktu


Pernahkah kalian berada pada situasi dimana kita sedang asyik-asyiknya terlibat pada suatu hal dan ketika melihat jam tiba-tiba kita sadar bahwa ada hal lain yang lebih penting yang harus dilakukan pada jam tersebut. Bagaikan mobil balap kita pasti akan segera meninggalkan apa yang sedang kita kerjakan demi memenuhi apa yang menurut kita lebih "emergency". Kita mungkin menyesali kenapa kita tidak sadar bahwa kita lalai dalam manajemen waktu. Berikut adalah Faktor-faktor yang sering membuat kita lupa waktu:

  1. Terlalu asyik
    Apa yang kita rasakan bila kita melakukan hal yang kita senangi? Pasti kita akan merasa asyik dan seru. Berhati-hatilah apabila hal yang kita senangi tersebut kita lakukan sebelum mengerjakan hal yang lebih penting lainnya. Karena terlalu asyik maka kita melupakan kewajiban yang utamanya harus kita lakukan.
  2. Terlalu fokus
    Fokus adalah kondisi dimana seseorang mencurahkan segala kemapuan baik pikiran maupun fisik. Fokus pada suatu pekerjaan memang sangat penting tapi terlalu fokus dan tidak ingat waktu bisa berdampak fatal. Misalnya kita fokus pada tugas kantor pada hari dimana ada perayaan penting seperti ulang tahun anak bisa-bisa membuat hubungan antara orang tua dan anak menjadi kurang dekat.
  3. Terlalu Santai
    Meskipun ada istilah "Santai tapi pasti" tapi kalau terlalu santai bisa berdampak kurang baik. Pekerjaan apapun menjadi lambat bila yang mengerjakannya terlalu santai. Bila kita terlalu santai dalam mengerjakan sesuatu otomatis kita juga akan lupa waktu dan tidak total dalam mengerjakan hal tersebut. Bukannya pekerjaan selesai tapi kita malah mendapatkan teguran dari atasan karena pekerjaan kita tidak kunjung selesai.
  4. Terlalu Malas
    Sifat malas ada kaitannya dengan sifat santai karena kalau kita terlalu santai maka akan muncul sifat malas dalam mengerjakan sesuatu. karena kita terlalu malas maka pekerjaan yang seharusnya kita lakukan menjadi kurang efektif dan terlalu memakan banyak dan lebih parahnya malah menunda pekerjaan. Karena terlalu sering ditunda maka kita tidak sadar bahwa waktu cepat berlalu dan kita baru sadar dimana hari pekerjaan tersebut harus rampung sudah di depan mata dan otomatis kita akan bergegas dan lembur untuk menyelesaikannya sehingga hasil pekerjaan kita kurang memuaskan karena dibuat dengan tergesa-gesa.

    Demikianlah faktor-faktor yang menurut pengalaman saya dan orang lain bisa membuat kita lupa waktu. Alangkah baiknya bila kita selalu mengatur waktu untuk melakukan pekerjaan seperti membuat catatan kecil atau alarm yang bisa mengingatkan kita agar cepat-cepat mengerjakannya tanpa menunda lagi. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada pembaca dan tiduk lupa saya mohon maaf bila ada kesalah baik dalam penulisan maupun tulisan karena saya cuma manusia biasa.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter