Berikut ini adalah cara atau lebih tepatnya aspek-aspek yang harus
diperhatikan dalam pembuatan logo. Aspek-aspek yang perlu
diperhatikan dalam membuat logo yang saya jelaskan berikut adalah
kesimpulan dari berbagai info yang saya dapatkan.
Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat logo adalah:
- Orisinalitas
Orisinalitas dalam pembuatan logo berkaitan dengan ide atau inspirasi
dari desainer itu sendiri. Plagiarisme bukanlah sesuatu yang etis
dilakukan dalam pembuatan sebuah logo. Logo adalah identitas dari
perusahaan itu sendiri.
- Desain yang simple dan unik
Logo adalah pembeda dari suatu perusahaan terhadap perusahaan
lainnya. Untuk itulah desain logo harus unik dan memberikan kesan
beda dari perusahaan lain namun sesuai dengan citra perusahaan. Kalau
desain logo anda mirip dengan desain logo lain baik logo yang sudah
populer atau tidak maka akan menimbulkan masalah yang fatal. Logo
juga harus memiliki desain yang simple. Kenapa harus simple? Karena
desain yang simple akan mudah diingat oleh orang atau konsumen. Logo
yang simple akan memudahkan konsumen untuk mengasosiasikan logo
tersebut dengan perusahaan pemiliknya.
Contohnya:
Contohnya:
Logo di atas sudah pasti semua orang tahu. Logo Adidas di atas tanpa melihat tulisannya pun pasti semua orang akan menyimpulkan bahwa logo tersebut pasti adalah logo Adidas
- Perhatikan Tipografi
Tipografi adalah bentuk tulisan. Bentuk tulisan dalam logo juga harus
disesuaikan dengan citra dan identitas perusahaan pemiliknya. Kalau
perusahaannya bergerak dalam bidang properti maka kita harus
menyesuaikan desainnya seperti bentuk huruf yang tegas misalnya
supaya menunjukan kredibilitas dan profesionalitas perusahaan
tersebut.
Simak penjelasan singkat saya tentang Tipografi di salah satu postingan saya di sini
Simak penjelasan singkat saya tentang Tipografi di salah satu postingan saya di sini
- Pemilihan Warna
Pemilihan warna juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan
sebuah logo sebab warna memiliki warna yang memberikan kesan bagi
konsumen atau orang terhadap perusahaan tersebut. Contohnya sebuah
perusahaan yang bergerak dalam bidang pelestarian hutan maka warna
yang dominan adalah warna hijau. Kalau logonya berwarna-warni mungkin
malah akan dikira sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia
taman bermain anak atau perusahaan mainan.
Untuk mengetahui makna dari berbagai warna, bisa baca postingan saya yang lain di sini
Untuk mengetahui makna dari berbagai warna, bisa baca postingan saya yang lain di sini
- Makna dari Logo
Ini juga sangat penting. Makna dari sebuah logo harus mencerminkan
semangat, visi dan misi dari pemiliknya. Setiap bentuk desain, warna,
tipografi dan garis logo tersebut harus memiliki makna atau filosofi.
Jangan ada elemen yang kosong atau tidak memiliki makna.
Sebagai contoh:
Sekilas logo di atas cukup sederhana namun perhatikan tulisan "EX" nya. Kalian akan menemukan tanda panah. Tanda panah tersebut memiliki makna Cepat dan Tepat.
Demikian cara membuat logo yang baik dari saya. Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu atau lebih tahu daripada yang saya tahu. Saya cuma ingin berbagi tentang apa yang saya ketahui. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau isi dari tulisan saya.
Sebagai contoh:
Sekilas logo di atas cukup sederhana namun perhatikan tulisan "EX" nya. Kalian akan menemukan tanda panah. Tanda panah tersebut memiliki makna Cepat dan Tepat.
Demikian cara membuat logo yang baik dari saya. Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu atau lebih tahu daripada yang saya tahu. Saya cuma ingin berbagi tentang apa yang saya ketahui. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau isi dari tulisan saya.