Dilarang keras menyalin isi blog ini tanpa menyertakan sumber aslinya!

Saturday, 28 November 2015

Cara Membuat Logo yang Baik


   Berikut ini adalah cara atau lebih tepatnya aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatan logo. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat logo yang saya jelaskan berikut adalah kesimpulan dari berbagai info yang saya dapatkan.

   Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat logo adalah:

  1. Orisinalitas
   Orisinalitas dalam pembuatan logo berkaitan dengan ide atau inspirasi dari desainer itu sendiri. Plagiarisme bukanlah sesuatu yang etis dilakukan dalam pembuatan sebuah logo. Logo adalah identitas dari perusahaan itu sendiri.

  1. Desain yang simple dan unik
   Logo adalah pembeda dari suatu perusahaan terhadap perusahaan lainnya. Untuk itulah desain logo harus unik dan memberikan kesan beda dari perusahaan lain namun sesuai dengan citra perusahaan. Kalau desain logo anda mirip dengan desain logo lain baik logo yang sudah populer atau tidak maka akan menimbulkan masalah yang fatal. Logo juga harus memiliki desain yang simple. Kenapa harus simple? Karena desain yang simple akan mudah diingat oleh orang atau konsumen. Logo yang simple akan memudahkan konsumen untuk mengasosiasikan logo tersebut dengan perusahaan pemiliknya.

Contohnya:



   Logo di atas sudah pasti semua orang tahu. Logo Adidas di atas tanpa melihat tulisannya pun pasti semua orang akan menyimpulkan bahwa logo tersebut pasti adalah logo Adidas

  1. Perhatikan Tipografi
   Tipografi adalah bentuk tulisan. Bentuk tulisan dalam logo juga harus disesuaikan dengan citra dan identitas perusahaan pemiliknya. Kalau perusahaannya bergerak dalam bidang properti maka kita harus menyesuaikan desainnya seperti bentuk huruf yang tegas misalnya supaya menunjukan kredibilitas dan profesionalitas perusahaan tersebut.

   Simak penjelasan singkat saya tentang Tipografi di salah satu postingan saya di sini

  1. Pemilihan Warna
   Pemilihan warna juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan sebuah logo sebab warna memiliki warna yang memberikan kesan bagi konsumen atau orang terhadap perusahaan tersebut. Contohnya sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelestarian hutan maka warna yang dominan adalah warna hijau. Kalau logonya berwarna-warni mungkin malah akan dikira sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia taman bermain anak atau perusahaan mainan.

   Untuk mengetahui makna dari berbagai warna, bisa baca postingan saya yang lain di sini

  1. Makna dari Logo
   Ini juga sangat penting. Makna dari sebuah logo harus mencerminkan semangat, visi dan misi dari pemiliknya. Setiap bentuk desain, warna, tipografi dan garis logo tersebut harus memiliki makna atau filosofi. Jangan ada elemen yang kosong atau tidak memiliki makna.

   Sebagai contoh:

   Sekilas logo di atas cukup sederhana namun perhatikan tulisan "EX" nya. Kalian akan menemukan tanda panah. Tanda panah tersebut memiliki makna Cepat dan Tepat.

   Demikian cara membuat logo yang baik dari saya. Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu atau lebih tahu daripada yang saya tahu. Saya cuma ingin berbagi tentang apa yang saya ketahui. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau isi dari tulisan saya.

Share this article:

Facebook Google+ Twitter